Turun Langsung Relawan Desa Lawan Covid-19 Desa Tinggarsari melakukan Validasi dan verifikasi Calon

Putu Prasetya Dipura 10 Mei 2020 09:05:44 WITA

Relawan Desa Lawan Covid-19 Desa Tinggarsari yang terdiri dari unsur Staff Pemerintah Desa, BPD, LPM, para Kelian Banjar Dinas dan Ketua-Ketua Kelompok se-Desa Tinggarsari melakukan validasi dan verifikasi calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

Kegiatan validasi berlangsung selama dua hari, Jumat hingga Sabtu (08-09/05) dengan turun langsung ke rumah-rumah warga sesuai dengan hasil pendataan awal yang telah dilakukan oleh masing-masing Ketua Kelompok beberapa waktu lalu. Validasi ini dimaksudkan guna memperoleh data yang lebih akurat, sehingga diharapkan menghasilkan data calon penerima BLT-DD yang tepat sasaran.

Dalam validasi lapangan, relawan tetap mengacu pada kriteria sebagaimana Surat Edaran Bupati Buleleng Nomor 140/277/SE/DPMD/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (BLT-Dana Desa) bahwa terdapat 14 kriteria keluarga miskin sesuai dengan yang ditetapkan Kementerian Sosial Republik Indonesia. 14 kriteria tersebut yaitu; (1) Luas lantai < 8m2/orang, (2) Lantai tanah/bambu/kayu murah, (3) Dinding bambu/rumbia/kayu murah/tembok tanpa plester, (4) Buang air besar tanpa fasilitas/bersama orang lain, (5) Penerangan tanpa listrik, (6) Air minum dari sumur/mata air tidak terlindung/sungai/air hujan, (7) Bahan bakar kayu bakar/arang/minyak tanah, (8) Konsumsi daging/susu/ayam hanya 1 kali/minggu, (9) Satu stel pakaian setahun, (10) Makan 1-2 kali/hari, (11) Tidak sanggup berobat ke Puskesmas/Poliklinik, (12) Sumber penghasilan KK petani berlahan < 500m2, buruh tani, buruh bangunan, buruh perkebunan, pekerjaan lain berupah < Rp 600 ribu/bulan, (13) Pendidikan KK tidak sekolah/tidak tamat SD/tamat SD, dan (14) Tidak memiliki tabungan/barang mudah dijual minimal Rp 500 ribu. Yang dimaksud keluarga miskin adalah yang memenuhi minimal 9 dari 14 kriteria tersebut. Sasaran validasi adalah keluarga miskin diluar penerima PKH atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), PNS, TNI/POLRI dan Perangkat Desa.

Hasil validasi lapangan ini selanjutnya akan dibahas pada Musyawarah Desa Khusus yang akan dilaksanakan pada Minggu (10/l05) esok dengan agenda tunggal yaitu validasi, finalisasi dan penyepakatan data calon penerima BLT-Dana Desa.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Tinggarsari

tampilkan dalam peta lebih besar